Jumat, 14 September 2012

Mengatasi teman yang autis/penyendiri

            Helo guys, disini saya akan share tentang “autis”, karena waktu sekolah dulu ada temen saya yang tingkah lakunya kayak autis-autis gitu. Nah karena kebetulan saya ama dia sekelas dari SMP ampe SMA jadi saya uda kenal betul orangnya gimana dan saya bisa menyimpulkan klo dia emang autis...
            Sebut saja namanya kevin, sejak SMP uda kliatan ke-autisannya jadi tiap hari pasti dibuli, ditipu dan dikerjain teman-teman, jujur kadang-kadang saya juga ngikut :p.. But, lama kelamaan jadi kasian juga, terlebih lagi orang tuanya baek banget sama kami, jadi kami coba bikin dia jadi bagian dari kami orang-orang normal..
Inilah usaha kami untuk menormalkan dia:
    1.    Stop nge-buli, stop ngejek, stop nipu, dan stop kerjain dia, bikin dia kayak temen biasa aja, kalo ada keperluan ya ngomong aja ke dia, kalo ada yang lucu ya ketawa aja deket dia pasti mau gak mau dia bakal ikutan (biarpun itu karna terpaksa atau karna masih malu), kalo dia mulai ngomong sendiri ato bikin yang aneh-aneh ya biarin aja karna ini baru step 1, oke next..
     2.    Memulai pendekatan, kalo istirahat ajakin dia bareng, kalo dalam pelajaran bantuin dia ato lu yang minta tolong ke dia kalo otak lu dibawah dia soal pelajaran, tapi sebenarnya bisa lebih mendekatkan kalo dua-duanya gak tau (serius), Ajakin dia nongkrong bareng tiap hari, bikin kasus disekolah bareng-bareng (kalo lu yang baca ini suka bikin ulah) tapi kasus yang kecil-kecil aja, kayak telat bareng, dsb agar dia mulai merasakan kebersamaan...
   3.    Masalah komunikasi, usahakan pake kata-kata yang nyantai ato kata-kata sehari-hari kamu tiap kali ngomong, bisa juga kata/kalimat yang lagi trend, karna si autis ini lagi dalam proses penormalan..
  4.    Kadang-kadang bisa mampir ke rumah dia, barangkali aja di rumah dia ada sesuatu yg wow, misalnya banyak barang antik, kaka/adek nya cantik/keren (kan lumayan) and kamu-kamu bisa ngajak dia ke rumah..
   5.    Ngajak hang out bareng, kalo diajak hari ini dia nolak, yaudah jangan diapksa, coba lagi hari brikutnya, kayak gitu trus sampe dia mau, dengan begitu dia akan merasa kalo kehadirannya itu penting. Disini kalian bisa liat kalo kebiasaan ngomong sendiri dan semacamnya “dia” mulai ilang..
   6.    Kebersamaan itu penting, jadi selalu libatkan dia dalam setiap susah senang, jangan kalian naggung susahnya dia enak2 aja, itu bkn temen namanya..

Cuma itu aja sih, yang terpenting kita ngelakuin itu setiap hari, jangan berpikir kalau ini merupakan pengorbanan kita, karena semua tips diatas adalah apa yang sebenarnya kita lakukan sehari-hari. Buktinya sekarang si kevin jadi anak yang yaaaaa kren lah, stylish, dan normal pastinya, udah gak takut lagi ngomong ama orang, dan gak bisa kemana-mana kalo gak ada temen, bahkan skarang dia udah kuliah di china, kren kan, bahkan udah lebih keren dari saya L...
Intinya ini cara penormalan gaya remaja, jadi kalo yang autis itu balita atau anak 12thn kebawah gak cocok pake cara ini...
Silahkan comment kalo ada yg temen-temen pengen tanya lebih lanjut
()^^()

Tidak ada komentar: